Sabtu, 26 Maret 2011

CANDI HINDU DI Kampus Univ Islam Indonesia Yogyakarta


CANDI HINDU
DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA
Gaya Jogja Tour Perduli Benda Purbakala
Hubungi kami jika ingin melhat Candi di UII
081 568 586 83
0852288 35557
Di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, di jalan Kaliurang KM 14 -- tepatnya di dusun Kimpulan, desa Umbulmartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman -- telah ditemukan sebuah situs candi. Situs tersebut ditemukan pada kedalaman 3,5 m dari permukaan tanah Saat UII dalam proses pembangunan gedung Perpustakaan.Ketika pekerja membuat galian pondasi dan alat berat yang dipergunakan mengenai benda keras yang kemudian di teliti adalah sebagai struktur bangunan candi
Sampai saat ini proses pengalian masih terus berlangsung dan ternyata lingkungan candi lebih luas dari perkiraan semula. Semoga ini akan menambah daftar kekayaan purbakala Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompleks candi tersebut terdiri dari sebuah candi induk menghadap ke timur, di depannya terdapat sebuah candi perwara. Kompleks candi ini dikelilingi oleh talud dari tatanan batu bolder seluas 22,40 x 22,40 m² dengan lebar talud 1,20 m. Dengan demikian kompleks candi ini mempunyai halaman seluas 20 x 20 m². Tidak terlalu besar memang, kompleks candi yang ditemukan di lingkungan kampus UII itu. Namun banyak hal baru yang ditemukan di situs ini yang jarang bahkan belum pernah ditemukan di situs-situs lain di wilayah DIY – Jawa Tengah, sehingga menarik untuk diteliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar